Sekilas tentang Apple iPhone

Apple Inc. yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat hingga saat ini telah mengeluarkan ponsel cerdasnya dalam empat versi dengan iPhone 4 sebagai generasi terbaru. Pada setiap peluncurannya di Amerika maupun negara-negara lain iPhone selalu ditanggapi dengan gegap gempita. Jika kita menengok kembali dari awal, banyak sekali perkembangan yang dilakukan Apple terhadap iPhone hingga tetap berjaya. Di Amerika dan Eropa iPhone yang berbasis sistem operasi iPhoneOS atau disingkat iOS masih menempati posisi penjualan teratas sebagai smartphone individu, bukan berdasarkan OS karena saat ini Android sebagai OS menempati posisi puncak dalam hal penjualan keseluruhan smartphone dan iOS berada di posisi kedua, diikuti BlackBerryOS di posisi ketiga.
Versi terbaru dari OS yang digunakan iPhone saat ini adalah iOS 4.2.1 yang kompatibel untuk iPhone 4 dan iPhone 3GS. Sedangkan untuk versi 3G dan 2G, OS yang terakhir adalah iOS 3.1.3. Selain dukungan OS yang memang dikhususkan untuk iPhone, selain produk dalam keluarganya (iPad dan iPod touch), kekuatan iPhone yang sejak versi awalnya telah menerapkan teknologi multitouch adalah terletak pada dukungan aplikasi. Hingga saat ini terdapat sekitar 300.000 aplikasi yang dapat diunduh melalui App Store dan jumlah itu terus bertambah setiap hari. Hal ini menjadikan iPhone sebagai smartphone paling banyak menyediakan aplikasi. Kategori aplikasi ini pun sangat lengkap, mulai dari game, lifestyle, social network, business, education, navigation dan masih banyak lagi yang lain. Selain aplikasi berbayar biasanya terdapat aplikasi gratis yang merupakan versi ringan (lite)-nya. Dan sepertinya saat ini pengembang aplikasi lebih menyukai menyediakan aplikasi versi iPhone terlebih dahulu sebelum memasukkan ke toko aplikasi untuk OS lain seperti Android karena smartphone berbasis Android sangat beragam sehingga pengembang harus mempertimbangkan kompatibilitas apliaksinya terhadap berbagai jenis ponsel dari berbagai vendor.
Hingga saat ini ketiga jenis iPhone masih beredar di pasaran dan masih banyak diburu, meskipun iPhone 4 sebagai generasi terbaru telah hadir sejak Juni 2010 dan dua generasi awal sudah tidak diproduksi atau dijual secara resmi oleh Apple.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Engineering Informatica © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes